Jumat, 24 Maret 2017

Pengertian Model




Model merupakan kerangka kerja formal yang mewakili ciri-ciri pokok dari suatu sistem yang kompleks dengan mengambil beberapa hubungan sentral. Model merupakan suatu konstruksi dari suatu konsep yang digunakan sebagai pendekatan untuk memahami suatu realitas. Model merupakan penyederhanaan dari elemen-elemen dasar realitas yang begitu kompleks  atau abstraksi terhadap elemen tersebut terhadap apa yang akan diterapkan (Syafioeddin, 2010:549).
Menurut Sanusi dalam Damin (1998:251), model bukanlah suatu realitas kehidupan karena realitas kehidupan ini tidaklah linear, sementara model merupakan suatu pendekatan untuk memahami atau mendekati realitas. Model dengan demikian merupakan abstrasi RLS (real life system) dan bukanlah RLS yang sebenarnya.
Winardi (2005:147) berpandangan bahwa model atau teori sesungguhnya tidak lain dari suatu kerangka, atau kerangka kerja yang membantu menyederhanakan kompleksitas yang sangat berbelit-belit yang diupayakan untuk dipahami dan diprediksi oleh pihak yang mengontruksinya (2005:147). Tujuan mengonstruksi model adalah untuk memahami kenyataan atau realita dengan jalan mengorganisasi dan menyederhanakan. Model mewakili realita tetapi bukanlah realita itu sendiri. Adanya suatu model akan memudahkan bagi suatu individu atau organisasi untuk melakukan berbagai terobosan-terobosan dalam penyelenggaraan kegiatan pribadi atau organisasi.
Burger (1966) berpendapat bahwa model merupakan hasil dari suatu upaya untuk membuat tiruan kenyataan. Saeed  (1984) berpandangan model haruslah mempunyai titik kontak  (points of contact)  dengan kenyataan (reality) dan perbandingan yang berulangkali dengan dunia nyata (real world).
Lebih lanjut, suatu model harus menggambarkan adanya persepsi atau ide-ide dalam suatu keputusan , adanya gambaran fungsi-fungsi, tujuan-tujuan  proses, adanya proses tingkah laku dan adanya tindakan nyata yang berorientasi pada pangawasan terhadap fungsi-fungsi dalam pelaksanaan model yang efektif. Hal tersebut sesuai dengan kategori model menurut Johnson (Syafioedin, 2009:550) : cognitive models (human concepts); normative models (purposive oriented); descriptive models (behavior oriented); functional models (function  and control oriented). Dengan demikian model harus mengandung aspek kognitif manusia seperti gagasan atau konsep , memiliki norma-norma dan tujuan, dapat menggambarkan orientasi perilaku manusia dan fungsional dalam melakukan pengawasan.
Model adalah studi yang dilakukan dengan menghimpun keunggulan-keunggulan yang diperoleh dan menghindari kelemahan-kelemahan dari model yang diterapkan yaitu implementasi kebijakan alokasi anggaran pendidikan berbasis kearifan lokal. Proses model harus dapat mengungkap kemampuan untuk melakukan pemberdayaan satuan pendidikan dan sumber daya lingkungan, serta  mengikutsertakan masyarakat melalui penyusunan, pelaksanaan, pengawasan dalam berbagai kegiatan.
Empat kategori model menurut Johnson (Syafioedin, 2009:550) : cognitive models (human concepts); normative models (purposive oriented); descriptive models (behavior oriented); functional models (function  and control oriented). Dengan demikian model harus mengandung aspek kognitif manusia seperti gagasan atau konsep , memiliki norma-norma dan tujuan, dapat menggambarkan orientasi perilaku manusia dan fungsional dalam melakukan pengawasan.
Rumusan model implementasi anggaran pendidikan memerlukan data tentang posisi pendidikan yang menjadi kewajiban pemerintah provinsi. Data posisi pendidikan tersebut  dianalisis berdasarkan suatu teknik analisis posisi (baik secara internal maupun eksternal) yang memuat gambaran kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan atau ancaman yang mungkin ditemui.

Tidak ada komentar: