Rancangan Program Kerja Bidang Ideologi mengadopsi kerangka manajemen stratejik. Pertama, melakukan environmental scanning (analisis lingkungan) yang terdiri dari analisis lingkungan eksternal (ALE) dan analisis lingkungan internal (ALI). Kedua, strategy formulation (perumusan strategi) yaitu kegiatan perumusan misi, menentukan tujuan, membuat prioritas, membuat strategi, dan membuat kebijakan. Ketiga, strategy implementation (menjalankan strategi yang telah dibuat) yaitu menyusun program, menganggarkan, serta membuat prosedur. Keempat, evaluaton and control (evaluasi dan pengawasan) yaitu kegiatan monitoring terhadap kinerja organisasi kemudian melakukan koreksi yang diperlukan.
1. Pengamatan Lingkungan
a. Eksternal
1) Lingkungan Sosial
Persatuan Alumni GMNI Jabar (selanjutnya disebut PA GMNI Jabar) berada dalam lingkungan yang secara umum dapat digambar sebagai berikut :
a) politik yang dinamis. Sejak tahun 2003 dipimpin oleh koalisi PKS dan PAN di tingkat daerah dan sejak 2009 konstelasi politik daerah dikuasai oleh PD sebagai partai pemerintah yang juga menguasai politik nasional.
b) Kekuatan ekonomi yang mendominasi berasal dari penanaman modal asing dan modal dalam negri yang menguasai industry manufaktur. Sektor pertanian, nelayan dan industry kecil dalam posisi yang lemah. Perkoperasian besar dalam jumlah namun lemah dalam sumberdaya.
c) Kekuatan teknologi berada di tangan pemilik modal termasuk di dalamnya teknologi informasi.
d) Kondisi sosiokultural ditandai dengan heterogenitas budaya dan agama namun dipengaruhi oleh arus menguatnya keinginan menonjolkan identitas lokal di satu sisi dan fundametalisme agama di sisi lain.
b. Internal
1) Struktur organisasi PAG dijankan secara kolektif dengan penekanan wewenang pada Ketua, Sekretaris dan Bendahara
2) Budaya organisasi dipengaruhi nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945 dan Marhaenisme ajaran Bung Karno , ilmu pengetahuan yang berorientasi Barat serta lingkungan budaya yang mengandung kearifan lokal.
3) Sumber daya manusia dan keuangan sangat terbatas namun memiliki prospek untuk berkembang.
2. Perumusan Strategi
a. Misi
1) Mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi dan Konstitusi NKRI.
2) Mempertahankan NKRI dan memperkokoh Bhinekka Tunggal Ika
3) Memelihara dan mengembangkan jiwa, semangat dan wawasan kebangsaan
4) Berbartisipasi aktif dalam pembangunan nasional
5) Memajukan nilai dan norma-norma yang sesuai dengan ideology dan konstitusi NKRI
6) Memperkuat posisi politik rakyat dengan kegiatan nyata dan terorganisir
7) Membangun aliansi strategis dengan semua kekuatan bangsa yang berkomitmen terhadap tegaknya NKRI
b. Tujuan
1) Alumni yang berpikir dan berjuang secara ideologis.
2) Kuantitas dan kualitas alumni yang meningkat
3) Kuatnya pengaruh PAG dalam sistem politik, sosial, ekonomi dan budaya.
c. Strategi
1) Meningkatkan tradisi intelektual
2) Mendorong pemerintah yang responsive terhadap agenda kerakyatan
3) Mendistribusikan alumni di lembaga-lembaga pemerintahan
4) Membangun jaringan dengan organisasi yang sepaham
5) Memperkokoh pemahaman dan praksis Pancasila sebagai ideology negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
6) Memperkokoh pemahaman dan praksis Marhaenisme sebagai ideologi perjuangan dalam mencapai masyarakat adil dan makmur.
d. Kebijakan
1) Konsolidasi ideology
2) Konsolidasi organisasi
3) Konsolidasi keanggotaan
3. Implementasi Strategi
a. Program kerja Bidang Ideologi
1) Diskusi berkala bulanan membahas masalah-masalah kebangsaan, kenegaraan dan kemasyarakatan dengan pendekatan filosofis dan ideologis.
2) Pembentukan opini mengenai pelbagai masasalah aktual di masyarakat.
3) Penerangan masyarakat mengenai masalah-masalah idelogi negara.
4) Pendidikan ideology dan politik terhadap GMNI sebagai sumber kader maupun terhadap organisasi lainnya.
5) Seminar tahunan mengenai ideology Marhaenisme maupun Pancasila.
6) Penerbitan buku-buku maupun jurnal.
7) Membuat media massa : cetak maupun elektronik.
b. Anggaran
1) Sumber Pendapatan :
a) Iuran alumni
b) Usaha (Koperasi)
c) Sumbangan
2) Pengeluaran :
a) Rutin : untuk diskusi, pembentukan opini, penerangan dan pendidikan
b) Modal : untuk penerbitan dan pembuatan media massa.
c. Prosedur
1) Semua program disetujui oleh rapat pleno pengurus
2) Semua program disetujui oleh Musyawarah Kerja Daerah
3) Semua kegiatan dikoordinasi oleh Ketua, Sekretaris , Bendahara dan Wakil Ketua Bidang
4) Pembiayaan oleh Bendahara atas izin Ketua
5) Kegiatan dilakukan secara kolektif dan gotong royong
4. Evaluasi dan Pengendalian
a. Semua kegiatan dilaporkan secara tertulis pada Ketua dalam Rapat Pleno Pengurus Daerah
b. Semua kegiatan dilaporkan dan dipertanggungjawabkan oleh Pengurus Daerah pada Konferensi Daerah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar